Change we can believe in..

Legacy marketing, atau vertikal marketing, yang High Budget-Low Impact dan masih menggunakan pemikiran yang tersekat-sekat. Para Legacy marketer berfikir kalau urusan keuangan adalah urusan bagian financial atau accounting, dan segala hal beraroma return bukanlah urusan marketer.
Sekarang pemikiran seperti itu tidak bisa digunakan lagi.
Dalam bukunya berjudul New Wave Marketing, Hermawan Kartajaya menuliskan bahwa di era New Wave ini, paling tidak ada tiga Driving Force utama, yaitu:

.Digitalization
Digitalization ada pada aspek teknologi yang membuat manusia bisa saling berinteraksi, saling memengaruhi, dan saling membantu. Asal mereka terhubung dengan internet.

.Globalization
Globalization mencakup aspek Political-Legal, Economy, dan Social-Culture

.Futurization
Situasi di masa depan akan jauh berbeda dengan apa yang terjadi saat ini. Pasar akan terus mengalami perubahan. Apalagi dengan keberadaan Web 2.0.

Adanya sekat-sekat hanya membuat perusahaan tidak bertahan lama. Di era New Wave, tiap orang adalah marketer. Tiap orang dalam perusahaan akan melayani customer, entah langsung ataupun tidgk langsung. Dan artinya, return dari program marketing yang dijalankan adalah bagian dari peran marketer.

0 komentar:

Posting Komentar