Peralatan Membuat MPASI

MPASI atau Makanan Pendamping ASI merupakan makanan lanjutan yang diberikan kepada bayi saat usianya 6 bulan atau 180 hari. MPASI ada yang buatan pabrik dan home made, istilah untuk MPASI yang dibuat sendiri di rumah. Beberapa ibu-ibu yang ingin memberikan MPASI home made tentu membutuhkan beberapa peralatan. Berikut beberapa peralatan yang umumnya digunakan:
Slow Cooker. Alat memasak yang prosesnya cenderung lambat (slow). Dibutuhkan waktu antara 2-6 jam dalam memasak sehingga gizi dan cita rasa masakan tidak berubah. Semua bahan dimasukkan dalam Slow Cooker dan tunggu hingga masak. Alat ini juga tergolong hemat listrik dan gas. Selain itu, sambil memasak Ibu-ibu tetap bisa melakukan aktivitas lainnya. Slow Cooker bisa diperoleh disini loh:  http://www.samarawomenshop.indonetwork.co.id/4871344/slow-cooker-takahi-0-7l-murah.htm

Slow Cooker Takahi 0.7Ltr
Food Grinder. Seperti namanya, food grinder adalah alat untuk menghaluskan atau melumatkan makanan bayi yang sudah dimasak atau bertekstur lunak agar bayi mudah menelannya. Food grinder biasanya tidak menggunakan tenaga listrik, tapi dikerjakan secara manual. Food grinder ini ada disini: http://www.samarawomenshop.indonetwork.co.id/4888465/baby-food-grinder-kidsme.htm

Baby Food Grinder Kidsme
Pengukus. Alat yang satu ini tentunya digunakan untuk mengukus buah-buahan untuk MPASI. Metode mengukus tidak akan menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam buah. Sebaiknya gunakan pengukus kecil agar aliran uap panas dalam pengukus tidak menyebar terlalu luas. Pengukus ini bisa diperoleh di toko-toko yang menjual peralatan dapur, supermarket, atau pasar tradisional.
  Dandang/Kukusan
Talenan. Meskipun di dapur sudah ada talenan, namun talenan tersebut sering digunakan untuk mengiris cabai, kan? Jadi ada baiknya jika menggunakan talenan khusus pembuatan MPASI.
Talenan
Saringan Stainless Steel. Tidak berbeda jauh dengan Food Grinder, saringan stainless steel digunakan untuk menghaluskan masakan MPASI yang sudah matang. Saringan ini digunakan jika Food Grinder tidak tersedia. Beberapa ibu-ibu ada juga yang menggunakan blender untuk menghaluskan MPASI, namun tekstur yang dihasilkan akan sangat halus dan cair. Tekstur ini kurang melatih kemampuan oralnya jika sudah diperkenalkan dengan tekstur MPASI yang lebih padat & kasar. Selain itu, blender cenderung terlalu besar jika digunakan untuk menghaluskan MPASI yang porsinya sangat sedikit. Dalam memilih saringan, pastingan bahannya terbuat dari stainless agar tidak berkarat ya, Bu.
Saringan Stainless Steel
Parutan. Alat yang satu ini sangat bermanfaat untuk memarut buah-buahan atau beberapa sayuran sebelum dikukus agar buah atau sayur cepat matang. Semakin kecil tekstur makanan yang dikukus akan semakin cepat proses masaknya. Parutan yang sebaiknya digunakan adalah yang memiliki lobang tidak terlalu besar atau kecil. Biasa digunakan untuk memarut keju.
Parutan
Baby Cube, tempat penyimpanan hasil olahan MPASI. Hasil olahan tersebut nantinya disimpan di kulkas. Daya tampung tiap cube didesain sesuai ukuran porsi MPASI sekali makan jadi ibu-ibu hanya mengambil yang dibutuhkan saja. Baby cubes bisa didapat disini, Bu: http://www.samarawomenshop.indonetwork.co.id/4888756/baby-cubes-140-ml.htm

Baby Cubes
Yup, itulah beberapa peralatan dasar yang umumnya digunakan dalam menyiapkan MPASI untuk bayi tercinta. Selamat memasak, Bu.

0 komentar:

Posting Komentar